Rabu, 18 Maret 2015

Cara Hemat Saat Hamil

 Mendapati diri Anda hamil, membuat perasaan bercampur aduk. Di satu sisi Anda senang karena akan mendapatkan buah hati, sedangkan di sisi lain, Anda mulai khawatir dengan keadaan yang dibutuhkan dalam jumlah lebih. Sebenarnya, ada beberapa hal penting yang dapat Anda lakukan untuk mensiasati keuangan saat hamil. Berikut adalah beberapa tip dari pendiri situs simplesavings.com.au, Fiona Lippey yang bisa Anda coba:
1. Jangan terburu-terburu
Ketika mengetahui kehamilan, biasanya seseorang akan bersemangat dan langsung mengunjungi toko peralatan bayi. Lippey menyarankan untuk jangan melakukan hal tersebut terlalu dini. "Barang-barang yang dikatakan kebanyakan orang penting bisa jadi tidak terlalu penting untuk Anda. Bikinlah daftar prioritas," terangnya. Lippey menyarankan untuk menunggu saat bayi lahir, jadi Anda betul-betul tahu apa saja yang dibutuhkan.
2. Batasi pembelian busana hamil
Ingatlah bahwa busana hamil, tak akan Anda kenakan lagi setelah melahirkan. Tak ada salahnya juga meminjam busana hamil dari adik, kakak, saudara ataupun teman Anda. Jika harus membeli, Lippey menyarankan untuk berpikir "Apakah nantinya Anda dapat menyusui saat menggunakan busana ini? Pikirkanlah masak-masak."
3. Terima Bantuan
Anda akan terkejut saat teman-teman Anda ingin membantu Anda melengkapi kebutuhan sang buah hati. Jika ditanya apa yang Anda butuhkan, tak ada salahnya untuk memberi tahu yang sebenarnya, agar barang yang diberikan oleh teman-teman Anda dapat digunakan dengan baik. Trik ini juga dapat membuat Anda terhindar mendapat bingkisan barang yang sama dimana berisiko tidak terpakai.
4. Rencanakan dengan matang
Sebuah perencanaan matang dapat membantu Anda mengontrol pengeluaran dana dengan bijak. Cobalah mulai sebuah perencanaan detail mulai dari kapan waktu Anda mengambil cuti libur, rencana keuangan dari awal kehamilan, saat melahirkan, hingga ketika harus kembali bekerja. Tak ada salahnya mulai menabung sedari dini, agar memiliki dana cadangan yang siap digunakan untuk hal-hal tak terduga. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar